Wednesday, July 25, 2012

[TRANS] 240712 Strong Heart - The Inkigayo Incident

Ini adalah transkrip yang mereka katakan di Strong Heart edisi 24 Juli 2012. Insiden ini sebenarnya hanya antara Leeteuk dan Kyuhyun saja, namun Eunhyuk dan Shindong juga memberikan pendapatnya sesuai sudut pandang mereka. Potongan obrolan:

Kyuhyun's point of view
Kyu: Saat itu kita masih dalam masa promosi album ke-5, Mr Simple di Inkigayo. Setelah recording, kita mempunyai 3-4 jam waktu bebas. Biasanya para member akan menghabiskannya untuk melakukan kegiatan yang mereka sukai, misalnya balik ke dorm, bermain game, tidur, dll.
Aku memilih untuk pergi ke gereja. Saat itu aku mendengar khotbah yang sangat bagus, isinya: jika aku berubah (lebih baik) maka orang lain juga akan ikut berubah (lebih baik); jika aku tersenyum lebih dulu maka orang lain jug aakan tersenyum kemudian; jika aku berkata yg baik lebih dulu maka Lee Dong Wook ssi (MC) jg akan berkata hal baik tentangku. Setelah dari gereja aku kembali ke ruang tunggu. Aku melihat Teuk tidur dengan selimut yang menutupi seluruh tubuhnya bahkan hingga ke wajah, serta eunhyuk dan Donghae yang memegang botol air ditangan, seolah-olah mereka ingin menyiram Leeteuk dengan itu.
Melihat gelagat itu, aku pun berinisiatif untuk menawarkan diri. "Hyung biar aku yg melakukannya" kemudian aku pun menuangkan air ke muka Leeteuk lalu bersembunyi. Teuki hyung yg kaget langsung terbangun dan berteriak, "siapa yg melakukan ini!!!!" Donghae bilang, "bukan aku" lalu aku mendengar suara seseorang dipukul dan berkata, "itu juga bukan aku!!!" Mendengar itu, aku pun keluar dari persembunyian dan bilang aku lah pelakunya. Tiba tiba Teuki hyung memukul kepalaku dua kali sambil berteriak "kamu benar benar org yg tidak tahu diri" (disini Teuk bilang bahwa Kyuhyun adalah orang yang jahat) Faktanya adalah ketika kejadian itu terjadi, ada sekitar 20-30 di ruangan itu, termasuk para staff, manager dan Victoria.
Aku mengikuti Teuk ke kamar mandi dan benar benar ingin menangis saat itu. Ditambah bahwa aku baru saja mendengar 'hal baik' selama di gereja. Saat itu adalah situasi yg sangat tidak menyenangkan. Dengan kecewa, aku pun menyampaikan perasaanku pd Teuki hyung. "Hyung, tidak seharusnya kamu melakukan itu padaku, apalagi di depan org banyak seperti itu" dengan suara nyaris terisak, aku meninggalkannya sendirian dengan air mata tertahan. Kemudian ia menghampiriku dan berkata, "Kyuhyun-ah aku minta maaf," aku menjawab bahwa aku sedang tidak ingin berbicara apapun sekarang. Lalu aku pergi ke (lantai) atas dan menenangkan diriku selama 30 menit disana. Ketika aku kembali ke ruang tunggu, aku melihat Teuk duduk sendirian di tangga. Namun aku hanya melewatinya begitu saja dan langsung menuju ke ruang tunggu.
Disana aku hanya duduk diam dan tidak berbicara dengan siapapun. Menjelang penampilan kami, Teuk bilang padaku, "Kyuhyun-ah bila nanti kita menang juara 1, kamu yang harus memberi pidato terima kasih" namun aku menjawab," tidak hyung, aku tidak mau melakukannya". Setelah mengatakan itu, aku malah berpikir, kata-kata apa yang harus aku persiapkan untuk pidato nantinya. Dan sesuai prediksi kami memang menang. Aku tidak tau apa yang Teuki hyung rasakan ketika itu, namun aku berpikir untuk memberikan pidato yang bagus sebagai balasan atas permintaan maafnya padaku. Teuk hyung mendorongku untuk maju ke depan, namun malah memberikan mic nya ke Eunhyuk. Dan Eunhyuk menerimanya dengan ekspresi wajah yang tidak bisa dibaca dan aku tidak tahu mengapa ia seperti itu. Dan disaat aku hendak mengambil mic untuk memberikan pidato, ternyata acara tersebut sudah berakhir.
Eunhyuk's point of view
Hyuk: Jika diruntut dari belakang, maka awal mulanya adalah seperti ini.. Luna dan Victoria F(x) akan tampil dengan beberapa member. Di saat pre-recording, pergelangan kaki Luna terluka dan dia harus dibawa ke rumah sakit. Untuk mengembalikan suasana setelah insiden yang menimpa Luna, Teuk bilang ke para member kalau saat itu dia akan menerima segala lelucon yang dibuat member untuknya. Merasa senang, kami pun bercanda dengannya.
Ketika sudah merasa lelah, Teuk memutuskan untuk tidur dan mengakhiri kegiatan bersenang-senang-dengan-para-member, namun Donghae benar-benar tdk bisa melihat situasi. Dia tetap mengerjai teuk dengan alih alih bercanda. Donghae menuangkan air ke wajah teuk. Teuk yang kaget hanya bilang,"jangan lakukan itu" sambil tersenyum. Namun aku bisa melihat ekspresi tidak suka dari wajahnya.
Melihat ini, aku segera memberitahu Donghae untuk tidak melakukan hal itu lagi. Namun Hae benar-benar tidak peka dengan keadaan saat itu. Dia kembali menyiram wajah teuk dengan air. Kali ini Teuk langsung bilang padanya untuk-benar-benar-tidak-melakukan-hal-itu-lagi. Ketika Hae akan menyiram wajah teuk untuk ketiga kalinya, saat itu lah Kyuhyun datang. Kyuhyun pikir pasti sangatlah menyenangkan bisa bermain-main dengan hal itu.
Dan ketika itu terjadi, Teuk benar benar marah. Dia bangun lalu memukul kepalaku dan bilang "ini pasti kamu kan!" Saat itu juga aku langsung merasa bahwa situasi ini salah. Bagaimana dgn mudahnya ia menuduhku, disaat kejadian sebenarnya bukan aku yang melakukannya dan keadaan itu sangatlah menyebalkan. Merasa bahwa aku adalah orang yang dengan mudahnya dibully. Yang aku lihat kemudian Teuk pergi menghampiri Kyu dan meninggalkanku pada situasi yang salah.
Teuk's point of view
Teuk: Dilihat dari sudut pandangku saat itu, menurutku mereka sudah keterlaluan. Mereka benar-benar tidak memikirkan aku. Bahkan mereka membuka bajuku ketika Victoria masih ada disana.

Hyuk: Dan ketika hal itu mulai terjadi, Donghae benar benar tdk peka sama sekali, dia tidak merasakan perubahan 'aura' yang terjadi saat itu.
Teuk: Sebenarnya aku masih dapat menerima lelucon mereka. Meskipun lelucon itu sudah hampir membuat celanaku melorot dengan sempurna. Pada akhirnya aku mengatakan pd mereka untuk berhenti karena aku sudah lelah dan ingin tidur.
Aku pun segera tidur dgn menutupi semua tubuhku dgn selimut. Tiba tiba, seseorang menyemprotkan air ke wajahku. Pada awalnya aku mengira bahwa itu adalah ludah (yg bercampur dgn air). Selama 2-3 menit aku terdiam. Aku berpikir bahwa apabila aku benar benar marah maka aku akan berubah menjadi orang yang tidak terkendali. Ketika kali kedua wajahku disiram dgn air, aku segera berpikir bahwa itu adalah Eunhyuk. Karena disaat aku bangun, Donghae duduk jauh dariku dan hanya Eunhyuk yang duduk di sebelahku.
Seketika aku melempar selimutku begitu saja, lalu bertanya pada Donghae apakah dia yang melakukannya?? Dan dia bilang tidak. Kemudian aku melihat ke arah Eunhyuk yang duduk di sebelahku sembari menutupi mulutnya seperti menahan ketawa. Melihat hal ini, kontan saja aku memukulnya, namun dia langsung berteriak bahwa itu juga bukan dia yang melakukannya.
Kemudian Kyuhyun tiba tiba keluar dari persembunyiannya dan berkata dengan riang, "Hyung itu aku". Saat itu juga aku langsung memukul kepalanya dua kali dan berteriak padanya. Aku pikir setelah itu Kyuhyun akan berdiam diri di sana dimana semua orang melihatnya.
Aku pergi ke toilet dan menangis di sana. Aku merasa sangat bersalah bagaimana aku tidak bisa mengendalikan emosiku. Apalagi beberapa saat kemudian Kyuhyun menghampiriku dan bilang mengapa aku bisa seperti itu padanya. Rasa bersalahku pun bertambah besar. Mengingat posisiku sebagai leader yang memang mau tidak mau harus menjaga sikap, aku menyuruhnya untuk pergi. Dan Kyuhyun pun keluar dengan menangis.
Ketika aku keluar dari kamar mandi sambil memikirkan bagaimana menyelesaikan masalah ini, aku melihat Kyuhyun termenung sendirian, melihat langit sambil menangis. Dari jarak 5 meter aku memanggilnya dan kyuhyun bilang padaku bahwa dia tidak mau berbicara denganku.
Saat mendekati waktu tampil, aku bilang padanya untuk memberikan pidato kemenangan jika kami menjadi juara satu nanti. "Kyuhyun ah, meskipun kamu tidak ingin melihat hyung lagi setelah ini, tapi kita tetap harus profesional. Aku harap kamu mau memberikan pidato kemenangan jika kita menang nanti"
Disaat mempersiapkan untuk live performance, aku merasa ada memperhatikanku dengan wajah sedih dari tadi, dan itu adalah Eunhyuk. Aku baru menyadari 15 menit sebelum acara, bahwa masalah ini bukanlah tipe masalah yg bisa diselesaikan dlm 10 menit. Jadi aku berpikir untuk menghampiri Eunhyuk untuk mengatakan bahwa dia dan Kyuhyun yang akan membacakan pidato kemenangan dan seperti yg kuduga sebelumnya, Eunhyuk pun menolak permintaanku.
Hyuk: Ketika itu aku benar-benar menyendiri selama 2jam.
Teuk: Dan akhirnya kita menang juara 1. Biasanya saat saat seperti ini kita benar2 merayakannya. Namun kali ini suasananya benar benar canggung. Sesuai rencana, aku memberikan micku pada Eunhyuk dan dia memberi pidato kemenangan juga walaupun sedikit. Dan ketika encore lagu dimainkan, para member hanya bertepuk tangan dgn setengah hati. Dan aku benar benar (harus) menghidupkan suasana sendirian.
Shindong's point of view
Shindong: alasan kenapa aku diam hingga saat ini adalah karena aku yang menangis paling banyak saat itu. Saat itu aku sedang tidur di ruang tunggu, dan terbangun saat Kyuhyun dipukul untuk yang kedua kalinya. Situasinya sangat canggung saat itu. Tapi yang lucu adalah, manajer kami malah merekam seluruh kejadian itu. Aku menonton video itu dan mendatangi tiap member untuk menghibur mereka, dan terus saja melakukannya. Bahkan sebelum naik ke panggung pun, aku memberitau mereka bahwa kami adalah orang-orang profesional dan kami harus tetap tampil sempurna. Saat diumumkan sebagai pemenang, aku merangkul Donghae dan seseorang yang lain menyuruh mereka untuk tersenyum, tapi mereka sama sekali tidak tersenyum. Jadi saat itu aku berpikir "kenapa aku melakukan ini!" dan marah sendiri. Setelah semuanya selesai, aku kembali ke ruang tunggu dan melihat sebuah kotak yang membuatku jadi ingin mengomel "apakah kalian profesional dengan kelakukan semacam ini!" dengan keras. Yang salah adalah, kotak itu adalah styrofoam dan bendaibenda putih berterbangan ketika aku menendangnya. Yang paling lucu lagi, ada cola di dalam kotak itu dan semuanya menciprat ke Yesung.

Teuk: Yesung, yang tidak melakukan apa-apa, akhirnya ikutan marah.

Shindong: Yesung berteriak padaku dan berkata dia tidak melakukan apa-apa. Segalanya membuatku sangat marah saat itu.

ini video nya ^^



 Source : http://forkyuhyunindo.posterous.com
120724 Strong Heart Suju Talk Cut Eng by Nayaonewluv1 Korean-English translate original by @heequeenting
English-indo translate by @taKYUyaki and @distadee only for @forkyuhyunINDO
TAKE OUT WITH FULL AND PROPER CREDIT

No comments:

Post a Comment