Tuesday, October 30, 2012

[FULL TRANS] KYUHYUN NYLON INTERVIEW - OCT ‘12 ISSUE - FULL

N: BAGAIMANA KESANMU DENGAN photoshoot HARI INI?

KH: Kupikir akhirnya aku melakukan photoshoot Nylon ini sendiri, secara terpisah. Dan kupikir sekali lagi di dalam hidupku, ‘hari ketika bunga mulai mekar’ akhirnya datang juga.

N: Tema hari ini berbeda sekali dengan penampilan keseharian Kyuhyun.
KH: Yeah, aku ingin mengatakannya lagi, bahwa penampilan ini sama sekali bukan diriku! Penampilanku sendiri sebenarnya seperti Kim Joowoon di drama ‘Secret Garden’ dulu. Aku cenderung berpakaian dengan gaya yang rapi, seperti seorang senior yang chic dan berhati hangat seperti dirinya, tapi hari ini aku terlihat seperti rocker, kan? Meski begitu, hah….. Bagaimana ya mengatakannya? Rasanya seperti derajatku turun begitu saja? Ini kan gaya yang biasanya kalian lihat di klub?  Tapi kurasa, mengganti penampilan kadang-kadang tidak buruk juga. 

N:  Baru-baru ini, apakah kamu menyadari semacam 'tren Kyuhyun’?
KH: sebenarnya itu adalah hal yang kusebut dalam tayangan televisi. Kurasa ini bukan tren masyarakat, hanya ... hal yang sedang kumulai saat ini. Orang-orang juga mulai mengenalku saat ini. Karena itulah aku merasa senang karena rasanya sangat berbeda, dibandingkan sebelumnya. Aku bahkan melakukan pemotretan (Nylon) sendiri! Hahaha…

N: Sepertinya begitu, tapi kau mulai dikenal dengan image ‘idol berlidah tajam’ dari Radio Star, kan? apakah yang kami lihat di TV itu memang kau?
KH: Ketika aku bersama dengan teman-teman atau para member SJ, aku memang jahil. Aku sering bercanda dengan mereka, tapi sebenarnya aku punya tipe yang selalu melontarkan kata-kata jahat seperti itu. Jadi, dibandingkan dengan idol yang kuat, atau berlidah tajam, aku lebih pada seorang idol yang jahil dan senang bercanda.

N: Setelak aktifitas Super Junior selesai, apakah kau punya hobi baru yang sering kau lakukan belakang ini?
KH: Dulu aku sangat suka menonton drama, tapi karena belakangan ini aku sangat sibuk jadi tidak bisa menonton serutin dulu. Aku bahkan belum sempat menonton drama yang sangat menarik itu ‘The Moon That Embraces The Sun’ dan juga ‘Deep Rooted Tree’. Tapi saat ini, aku lebih menonton drama yang dibintango orang-orang dekatku.

N: Lalu, baru-baru ini Donghae juga syuting drama, begitu juga Minho…. Kau sendiri, peran apa yang ingin kau lakukan bila syuting drama?
KH: Aku ingin mencoba jadi peran antagonisnya.

N: Eyyy, beberapa waktu lalu, kau bilang sendiri kalau kau punya image model mahasiswa dan memakai pakaian seperti ini agak aneh.
KH: Image(ku) memang model mahasiswa…tapi aktor favoritku adalah Uhm Ki Joon hyung. Ketika aku berakting dalam musikal <Catch Me If You Can>, karakterku adalah seorang penipu bernama Frank. Meski di sana aku berganti-ganti karakter sebagai guru, juga siswanya, lalu seorang doktor, dan karena kulihat Uhm Kijoon hyung berakting sangat sempurna seperti karakter itu, aku mulai berpikir bahwa aku ingin mencoba peran yang sedikit kontras dengan imageku.

N: Mumpung kita sedang bicara tentang mahasiswa model, apakah kau benar-benar belajar baik saat sekolah dulu?  Bahkan kau sampai menerima penghargaan utama untuk matematika. Kalau kau harus menyelesaikan soal matematikan sekarang juga, kau bisa melakukannya?
KH: Baru-baru ini kami tampil dalam sebuah program ‘Weekly Idol’ bersama Jung Hyungdon dan Defconn hyung. Tapi karena saat itu banyak sekali pertanyaan yang berhubungan dengan matematika, mereka ingin mengkonformasinya dengan memberiku soal-soal matematika. Sebenarnya 7 tahun berlalu sejak terakhir kali aku berurusan dengan matematika. Sekarang, ingatanku sudah kabur sampai aku benar-benar tidak bisa mengingat rumus yang berat, tapi mereka memberiku soal-soal untuk kompetisi tingkat SMA. Aku sama sekali tidak mengerti pertanyaannya. Setelah itu mereka memberiku lagu soal tingkat SMP, dan masih saja aku masih tidak mengerti, rasanya memalukan sekali. Aku sungguh berprestasi saat sekolah dulu! hanya saja sekarang aku sudah benar-benar lupa.

N: Ya, aku juga tidak mengingatnya. Aku juga belajar sedikit saat sekolah dulu, tapi sekarang lupa semua. 
KH: Benar, kan. kau sama sekali tidak bisa mengingatnya.

N: Tapi Sungmin-ssi dan Kyuhyun-ssi adalah satu-satunya teman sekamar di antara para member,
tolong bocorkan sedikit tentang teman sekamarmu itu.
KH: Sungmin-ie hyung sangat bijaksana. Aku memakai internet di malam hari dan tidur larut malam, tapi Sungmin-ie hyung tidur lebih cepat. Meskipun akhir-akhir ini berubah, dia akan pergi tidur sambil berkata “Oke, lakukan saja apa yang ingin kamu lakukan”, meskipun aku berisik di malam hari. Kalau aku sedang berbaring, dia akan keluar dan menelepon. Dia benar-benar bijaksana, selalu mengutamakan kepentinganku.

N: wow, lalu bagaimana seorang Kyuhyun sebagai teman sekamar (bagi sungmin)?
KH: Untuknya, aku... bertingkah berisik, selalu memikirkan diriku sendiri. Hahaha

N: Beberapa saat yang lalu, kamu terus bernyanyi, sangat bagus. Apakah itu lagu yang kamu
nyanyikan akhir-akhir ini?

KH: Ada lagu yang berjudul “Still, I Love You” yang dinyanyikan Suzy-ssi. Aku tahu itu OST dari drama “BIG”, tapi sebenarnya aku belum melihat filmnya. Bagaimanapun, aku sebenarnya suka lagu ballad, terutama lagu ballad yang dinyanyikan oleh penyanyi wanita. Karena aku menyanyikan lagu ballad yang dinyanyikan penyanyi pria, perasaan kecil bisa tumbuh, tapi jika aku menyanyi lagu ballad yang dinyanyikan penyanyi wanita, ada perasaan kompleks yang tiba-tiba tumbuh. Terutama “Still, I Love You” adalah lagu yang kudengarkan setelah mendengarkannya secara tak sengaja saat berlatih dan karena lagu itu bagus, aku mencari liriknya.

N: Lalu, apakah ada lagu dari penyanyi lain yang ingin kaurekam melalui suaramu?

KH: Ya, aku ingin mencobanya, dan aku ingin mencoba lagu Mi’s “Firefly”. Melalui suaraku, melalui
kepekaan seorang lelaki.

N: Saat kau menyanyi di Cina, bagaimana kau mendapatkan feeling menyanyi ? Pengucapan bahasa cinamu bagus, sepertinya metode yang berbeda dari yang berbahasa Korea.

KH: Sejujurnya, aku menyanyi lagu Cina lebih baik daripada lagu Korea. Pelafalannya memang berbeda. Pelafalan Cina tidak ketat dan mengalir dengan lembut. Oleh karena itu, aku seperti dapat menyanyi dengan lebih mudah. Aku tidak bisaberbicara bahasa cina dengan lancar, tapi pelafalanku bagus. Sangat bagus. Jadi, aku punya sesuatu yang aku bisa melafalkannya dengan baik. Hahaha. Saat aku menyanyi lagu Cina, aku membaca arti liriknya, dan aku menghayatinya. Dari situlah aku mendapatkan emosinya.

N: Kyuhyun-ssi adalah vokalis yang pernah berkolaborasi dengan senior. Seperti Yoo Youngsuk-
ssi’s “7 Years of Love” dan berpartisipasi dalam “Yoon Jongshin’s Monthly” . Ke depannya, kamu mau berkolaborasi dengan senior siapa lagi?

KH: Kim Dongryul sunbaenim. Dia adalah senior yang sangat kucintai. Akan menyenangkan jika bisa. Sebenarnya bisa saja aku langsung mengatakan padanya aku ingin berkolaborasi dengannya, namun sebelum itu, aku ingin mengenalnya lebih dalam. Apakah senior menyukainya, aku sangat memikirkannya. Akan sangat menyenangkan jika aku berkesempatan bisa berkolaborasi dengannya.

N: Apa kau suka memakai kaus bergaris seperti ini?

KH: Bukan! Aku tidak suka memakai baju bergaris begini. Aku hanya memakainya beberapa kali. Tapi karena aku tidak berminat pada fashion, aku memakainya hari ini, kemudian aku memakainya lagi esok hari, seperti itulah kejadiannya. Bagaimanapun, kemudian fans jadi mengira aku suka kaus bergaris dan selalu menghadiahiku kaus bergaris. Itulah kenapa akhirnya semua kausku jadi bergaris begini. Jadi, itu bukan karena aku suka dengan kaus bergaris, tapi karena aku hanya punya kaus bergaris dalam lemariku. Akhirnya aku tidak punya pilihan lain selain memakainya lagi dan lagi. Ah, kurasa aku akan jadi gila!

N: Berarti kau harus mengklarifikasinya lewat interview ini.

KH: Betul sekali, ini benar-benar kesalapahaman semata! Sekarang, 80% dari isi lemariku bergaris semua. Bergaris! Aku sebenarnya ingin mengungkapkan tentang hal ini entah dimana, aku hanya belum tahu harus mengungkapkannya dimana selama ini… Ah, aku lega sekarang. Tolong tanyakan aku tentang hal itu!

N: Hahaha. Jika kau punya pacar, apa yang paling ingin kau lakukan? Bagaimana dengan pertanyaan semacam ini?

KH: Haha. Aku mau kami berdua pergi ke taman bermain. << aw :’)

N: Apakah kau mau memakai bando binatang yang lucu-lucu juga?

KH: Aku bahkan bisa memakai bando itu, memakai topeng. Karena aku bisa melakukan apapun, akan sangat menyenangkan jika aku segera mendapatkan pacar dan pergi bermain ke taman bermain.

N: Apa tujuan terakhir yang ingin kau capai dalam hidupmu?

KH: Tentang pekerjaan, pertama aku mulai sebagai penyanyi, tapi setelah itu aku mendapat perhatian dalam drama musikal, aku ingin melakukannya lebih sering. Dalam variety show, meskipun aku masih anak baru, aku akan tetap bekerja keras. Di masa depan, aku ingin menjadi entertainer di segala bidang, meski tentu saja hal itu tidaklah mudah. Karena fokus dalam satu hal saja sudah susah, jika aku bisa melakukan banyak hal, tentu akan lebih sulit. Aku termasuk orang yang suka bekerja keras daripada sekedar menggunakan bakat alamiku saja. Sebenarnya aku tidak pernah membayangkan akan jadi dance singer. Tapi aku melakukannya sekarang. Oleh karena itu, dengan usaha, aku ingin melakukan banyak hal dan aku ingin mencoba segala sesuatu yang menantang.

N: Bagaimana dengan hal-hal pribadi?

KH: Hal pribadi? Sesuatu yang kuinginkan secara pribadi? Seperti punya pacar? Uhm, hal yang ingin kucapai secara pribadi adalah jika aku agak tua nanti, aku mau menikmati traveling dengan santai... semacam itu? Aku mau hidup dimana aku bisa rileks. Sekarang jujur saja aku hidup disetir oleh pekerjaanku, meski aku punya hari libur,aku benar-benar ingin hidup dengan santai .

N: Dari seluruh temanku ada 2 teman yang pergi ke 5 samudera, 6 benua, keliling dunia selama satu tahun. Mereka suka wanita tapi awalnya mereka tidak tertarik untuk menikah. Bagaimanapun, pada akhirnya setelah mereka berkeliling ke seluruh dunia seperti itu, mereka akhirnya memilih untuk menikah. Aku bertanya alasannya, dan mereka bilang ada begitu banyak tempat yang luar biasa indah hingga air mata kita menetes melihatnya, dan mereka harus melihat itu bersama dengan orang yang mereka cintai. Mereka bilang mereka ingin menunjukkan betapa indahnya dunia pada orang yang mereka cintai.

KH: Aku sebenarnya menerima liburan sekali setahun sejak 4 tahun yang lalu. Antara seminggu hingga 10 hari. Pertama, aku pergi ke Jepang sendirian, selama 5 hari 4 malam. Lalu, ke Italy. Aku pergi sendirian selama 5 malam, dan pergi bersama member yang lain selama 5 malam. Lalu, ke Spanyol. Aku juga ingin melihat dunia lebih banyak lagi kapanpun aku punya waktu. Tentu saja, tiap aku traveling aku merasakan perasaan itu. Perasaan bahwa aku juga ingin datang dan melihat semua itu dengan orang yang kucintai.

N: Di akhir “Radio Star”, kamu bertanya pada bintang tamu pertanyaan semacam ini juga kan? Apa arti Super Junior bagi Kyuhyun-ssi?

KH: Super Junior adalah... sarang bagiku. Bahkan saat aku melakukan jadwal individual semacam ini, juga ketika melakukan variety show, musikal, member yang lain juga bekerja keras untuk mengisi bagian mereka masing-masing, kan? Bagaimanapun, ini seperti sarang/rumah yang aku bisa kembali sewaktu-waktu padanya. Oleh karena itu, kami bekerja keras dalam bagian kami masing-masing dan karena kami menjadi satu kesatuan saat kami kembali bersama, kami menunjukkan imej sebagai Super Junior. Bagiku, Super Junior adalah sarang!

==========================================================
Source: NYLON KOREA MAGAZINE - October 2012 Issue
English Translated by choidings.tumblr.com
Indonesian Translated by @distadee and @hildabika ONLY for @forkyuhyunINDO
PLEASE TAKE OUT WITH FULL AND PROPER CREDIT

No comments:

Post a Comment